Powered by Blogger.

Budidaya Cacing Tanah Lumbricus Rubellus Berpotensi Penghasilan Jutaan Tiap Bulan



   Adakalanya kita berpikir ingin mempunyai usaha sendiri ,dan muncul lah beberapa ide usaha yang akan sekiranya di praktekan namun terkadang itu hanyalah rencana .Kita psimis sebelum mencoba ,kita berpikiran tidak punya modal untuk menjalankan usaha tersebut atau takut gagal atau bisa juga berpikiran tidak punya waktu untuk menjalakan usaha (sampingan).

     Kembali ke awal topik pembicaraan,usaha yang simple ,tidak membutuhkan modal besar ,waktu yang sedikit yaitu dengan budidaya cacing tanah lumbricus rubellus yang berpotensi menjadikan kita jutawan.Mungkin di antara kalian yang membaca ini merasa terkejut atau sungkan untuk melanjutkan membaca artikel ini karena merasa jijik atau tidak percaya akan peluang bisnis budidaya cacing tanah.

Perkataan salah satu mitra hcs yang sudah berhasil  :
Jangan pernah remehkan budidaya cacing,karena dengan budidaya cacing akan mendapatkan hasil yg menjanjikan.Dengan metode HCS yg saya jalankan,kami pun mendapatkan income yg luarbiasa.Satu kali panen dgn lahan uk.10x30mtr sdh berpenghasilan bersih netto 10juta/bulan,itu baru jual cascingnya lho....blm cacingnya.anda berminat belajar,datang aja di perum BAWEN INDAH no.170 SEMARANG...
GO SUCCESS.....

Alasan Budidaya Cacing berpotensi menjadikan kita jutawan :

-          Kandang/rumah cacing tidak perlu lahan luas( dengan car arak tingkat)
-          Masa panen relative singkat
-          Insya allah pembibitan cacing hanya perlu sekali karena selalu bertelur/produktif
-          Masih belum banyak yang menggeluti usaha ini
-          Cacing sangat di perlukan dalam usaha pemanjingan ikan atau ternak burung
-          Cacing juga sangat tenar dalam dunia herbal dan kosmetik
-          dll

Baiklah kami mulai bahas cara budidaya caing tanah lumbricus rubellus

1.Membuat rumah cacing tanah
   Rumah cacing bisa memanfaatkan bekas kolam ikan, membuat kotak kayu, pake drum bekas yang di belah dua, bak plastik, pake bekas karung, pake besek, dan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk rumah cacing agar merasa nyaman dan berkembang biak secara maksiamal.
ane kasih gambar


2.Mempersiapkan media/lingkungan cacing
Syarat media yang baik adalah harus gembur, organik, lunak agar cacing mendapat nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan. Contoh media yang cocok digunakan media cacing adalah BHOKASI atau limbah log jamur yang sudah tidak digunakan karena memiliki kandungan protein yang sangat baik sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan cacing.
Pembuatan bhokasi silahkan klik disini

3.Mempersiapkan makanan yang dibutuhkan cacing
makanan cacing bisa menggunakan :

  • Limbah organik rumah tangga contohnya nasi yang sudah basi,kulit buah, sayuran yang tidak kemakan, kupasan kulit ketang wotel bawang batang kangkung dan lainnya.
  • Limbah organik home industri seperti log jamur, limbah pasartradisional, buah busuk, limbah dapur rumah makan dan lainnya.
  • Limbah organik peternakan seperti kotoran sapi, kambing, ayam, dengan catatan ternaknya sudah mengkonsumsi SOC dari HCS.
  • Limbah organik lingkungan seperti dedaunan yang gugur bisa langsung diberikan atau dijadikan kompos /bokasi terlebih dahulu.

Catatan : setiap hari hendaknya di semprotkan larutan soc hcs agar tetap lembap

 4.Pengadaan indukan/bibit cacing

Indukan/atau bibit bisa di beli ke peternak cacing karena dengan membeli ke peternak cacing akan sangat mudah beradaptasi ke media yang telah kita sediakan.

 5.Melakukan perawatan rutin
  • Pemberian pakan dapat dilakukan setiap hari dengan syarat pakan jangan terlalu melampaui batas dari jumlah cacing, atau bisa memberi makan setiap 3 hari sekali bahkan seminggu sekali walaupun lebih bagus pemberian pakan sehari sekali.
  • Menjaga hewan kompetitor seperti semut, rayap, kutu tanah, orong-orong dan lainnya agar tidak masuk ke area rumah cacing.
  • Mencegah binatang pemangsa masuk ke area rumah cacing. Seperti tikus, katak, tokek dan lainnya.

6.Pemanenan cacing tanah lumbricus rubellus

  • Panen cacing setelah di pelihara selama 4 bulan semenjak pemberian bibit
  • Jumlah cacing di panen sekitar 25% dari populasi cacing dengan memilih cacing yang sudah layak jual.Atau bisa memanen cacing tergantung dari permintaan
  • .Media bekas panen cacing (kascing) bisa dikembalikan ke rumah cacing atau lebih baik untuk di jual saja untuk bhokasi sawah

7.Pemasaran cacing

Cacing bisa dijual dengan bentuk basah, kering, serbuk maupun extrak. Dan nilai jualnyapun akan semakin tinggi tergantung proses pasca panen yang dilakukan.

Jangan kawatir tidak punya pelanggan ,pasti ada yang mau membeli kok,hehehe
Anda bisa menawarkan ke penjual pakan burung ,penjual pakan ikan atau anda bisa datangi pemancingan umum.Atau bisa juga di jual pabrik kosmetik dan farmasi.

Sekian Informasi dari kami mengenai budidaya cacing lumbricus rubellus berpotensi penghasilan jutaan tiap bulan.Semoga bermanfaat
Sebelum kami akhiri kami berikan link mas adam kantongi 300 juta/bulan dari bisnis cacing

Terima kasih sudah berkunjung ke web kami stockis hcs www.stockisthcs1.blogspot.co.id
menyediakan produk SOC HCS,PHEFOC HCS DAN SOT HCS


2 Komentar untuk "Budidaya Cacing Tanah Lumbricus Rubellus Berpotensi Penghasilan Jutaan Tiap Bulan"

Pemasarannya perlu diperhatikan, bukan masalah produksi saja. Banyak peternak yang gulung ttikar karena kesulitan dalam penjualannya mas. hhe...

Salam,
Budidaya & Ternak Cacing Tanah

mas lokasinya dimana? saya tertarik beli

Back To Top