Powered by Blogger.

Lamtoro Penambah Gizi Untuk Ternak Anda

   Menurut wikepedia ,Lamtoro, petai cina, atau petai selong adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (Leguminosae, polong-polongan), yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi. Berasal dari Amerika tropis, tumbuhan ini sudah ratusan tahun diperkenalkan ke Jawa untuk kepentingan pertanian dan kehutanan,[6] dan kemudian menyebar pula ke pulau-pulau yang lain di Indonesia. Tanaman ini di Malaysia dinamai petai belalang.

Manfaat lamtoro sebagai tambahan pakan ternak ruminansia

Pemberian pakan tunggal pada ternak yang terdiri dari rumput – rumputan, yang ada umummnya memliki kandungan nitrogen yang sangat rendah dan tidak memenuhi kebutuhan ternak, campuran rumput atau jerami dengan daun lamtoro sangat menguntungkan untuk memperbaiki nilai kandungan gizi yang rendah.

Dari sebuah penelitian dengan pemberian daun lamtoro sebagai pakan tambahan maupun campuran pada rumput maupun jerami dapat memperbaiki nilai gizi ransum. Penambahan hijaun lamtoro sebanyak 0.5 kg pada ransum dasar domba dan kambing ( ransum dasar terdiri dari 1,8 kg rumput gajah ditambah dengan jerami yang diberikan dengan bebas) menunjukan bahwa adanya perbaikian nilai konsumsi pakan bila dibandingkan denhan ternak yang mendapatkan ransum dasar.

Tambahan

Dalam mengatasi kandungan zat anti – proteun yang bersifat toksik yaitu asam amino non protein ( mimosin ), asam sianida dan tanin. Dapat di atasi dan dikurangi dengan melakukan proses pemanasan. Pengeringan, pelayuan dan perendaman air hangat. Dianjurkan, dalam penggunakan lamtoro segar sebagai pakan tambahan tidak lebih dari 40 % – 60 % dalam keadaan kering dan sudah dicincang.

0 Komentar untuk "Lamtoro Penambah Gizi Untuk Ternak Anda"

Back To Top